Home Ramuan Khasiat Buah Jamblang untuk Kesehatan yang Harus Diketahui

Khasiat Buah Jamblang untuk Kesehatan yang Harus Diketahui

17
0
SHARE
Khasiat Buah Jamblang untuk Kesehatan yang Harus Diketahui

Keterangan Gambar : Buah Jamblang

Misteri.detikone.com — Buah jamblang (Syzygium cumini) memiliki daging buah yang asam, manis, sepat, segar bersifat sejuk, dan aromatik. Khasiat buah jamblang yang paling terkenal adalah menurunkan kadar glukosa darah, menurunkan risiko timbulnya atherosclerosis, dan meredakan batuk.

Buah ini berasal dari Asia dan Australia bagian tropis. Buah jamblang merupakan jenis buah buni, berbentuk lonjong, panjang 2—3 cm, saat masih muda berwarna hijau dan setelah masak akan berubah menjadi warna merah tua keunguan. Biji buah ada satu berbentuk lonjong, keras, dan warnanya putih.

Bagian tanaman buah jamblang yang berkhasiat adalah kulit kayu, daging, dan biji buah. Daging buah jamblang bisa dikonsumsi dalam keadaan segar atau sudah dikeringkan. Ketika Anda memakan buah ini, rongga mulut dan lidah akan berwarna ungu.

Buah jamblang mengandung minyak atsiri, fenol, alkaloid, asam organik, serta resin yang berwarna merah tua mengandung tannin dan asam elagat. Sementara itu, bijinya mengandung fatty oil sebanyak 3—5 persen yang terdiri atas oleic acid, myrist acid, palmitic acid, linoleic acid, streculiac acid, dan malvalic acid.

Khasiat buah jamblang bisa digunakan untuk melumaskan organ paru, meredakan batuk, peluruh kencing, meluruhkan kentut, memperbaiki gangguan pencernaan, merangsang keluarnya air liur, dan menurunkan kadar glukosa di dalam darah.

Daging buah jamblang bisa digunakan untuk membantu penyembuhan kencing manis, batuk kronis, sesak napas, gangguan pernapasan, nyeri lambung, dan diare.

Biji buah jamblang berkhasiat sebagai antiradang, diuretik, dan menurunkan kadar glukosa di dalam darah. Saat ini banyak yang menggunakan biji jamblang untuk mengobati penyakit kencing manis dan beberapa macam penyakit lainnya yang sudah disebutkan di atas.

Kemampuan buah jamblang untuk menurunkan kadar gula di dalam darah berlangsung selama 30 menit. Sementara itu, bijinya bisa menurunkan kadar gula di dalam darah selama 24 jam. Untuk mendapatkan efek yang lebih maksimal, pengobatan harus dilakukan selama 10 hari.

Daging buah jamblang bisa langsung dimakan, sedangkan bijinya bisa dibuat menjadi bentuk serbuk sekali pakai sebanyak 1,9 gram agar mudah digunakan.

Fakta lainnya menyebutkan bahwa buah jamblang berpotensial untuk dijadikan obat kontrasepsi pada pria. Sumb: ptr