Home Cerita Kuno Mbah Roso dan Asal-Usul Siluman Onggo-Inggi

Mbah Roso dan Asal-Usul Siluman Onggo-Inggi

1,778
0
SHARE
Mbah Roso dan Asal-Usul Siluman Onggo-Inggi

Keterangan Gambar : Siluman Onggo-Inggi, ilustrasi

Misteri -  Siluman Onggo-Inggi adalah sebangsa jin yang tinggal di perairan. Sementara siluman tersebut dikenal memiliki perwatakan yang jahat. Bahkan tak segan segan siluman air tersebut memangsa manusia sebagai korbannya.

Menurut tokoh spiritual Indonesia Mbah Roso, makhluk halus yang dikenal dengan sebutan Onggo-Inggi ini menyukai tempat tinggal seperti sungai besar atau danau. Secara kasat penampakan wujudnya berupa kepala tanpa badan, dan memiliki rambut yang panjang dan gimbal, selalu berkelana di dalam air.

“Siluman Onggo-Inggi ini  sering mencelakai atau bahkan memakan korbannya (manusia) yang   kebetulan sedang berenang di perairan wilayah kekuasaan siluman Onggo-Inggi. Caranya Onggo-Inggi  menyerang dengan membelit korbannya dengan rambut panjangnya, lalu korbannya,  dibawa ke tengah sampai kelelahan baru kemudian ditarik ke dalam air. Kalo sudah , korban tak akan kembali lagi ke dunia,”tambah mbah Roso.

Masyarakat hingga kini masih mempercayai bahwa korban yang menjadi mangsa siluamn Onggo-Inggi tersebut   jasadnya tidak pernah diketemukan kembali. Jasadnya akan selalu hilang.

Sementara apabila situasi dan kondisi perairan sedang mengering, siluman Onggo –Inggi juga tidak pernah bisa kita ditemukan karena pada dasarnya mereka adalah bangsa mahkluk halus. Sementara air adalah sebagai sarana medianya untuk dapat dan bisa masuk ke dalam dunia manusia dan mencari mangsanya.