Home Cerita Kuno Mitos Lele Putih, Sering Dianggap Ikan Mistis oleh Masyarakat

Mitos Lele Putih, Sering Dianggap Ikan Mistis oleh Masyarakat

36
0
SHARE
Mitos Lele Putih, Sering Dianggap Ikan Mistis oleh Masyarakat

Keterangan Gambar : Lele Putih

 

Misteri.detikone.com - Siapa yang tidak kenal dengan ikan lele? Salah satu jenis ikan yang kerap dijadikan hidangan lezat ini memang cukup digemari masyarakat tanah air. Selain memiliki cita rasa yang khas, ikan lele juga menyimpan banyak mitos yang kerap dikaitkan dengan berbagai hal berbau supranatural.

Bila selama ini yang kita tahu ikan lele cenderung berwarna gelap. Maka ikan lele yang akan Bacaterus bahas kali ini adalah ikan lele berwarna putih yang memiliki banyak kisah unik yang seru untuk dibahas.

Apa sebenarnya yang membuat ikan ini menarik untuk diperbincangkan? Nah, biar kamu tidak semakin penasaran, simak ulasan makhluk air yang satu ini dalam misteri lele putih, ikan yang sering dianggap mistis oleh masyarakat tanah air berikut ini yuk!

Lele merupakan jenis ikan yang berhabitat di air tawar. Ikan ini memiliki karakteristik yang mudah untuk diidentifikasi. Secara morfologi ikan Lele berbentuk pipih memanjang. Ikan ini juga memiliki kumis yang cukup panjang serta mencuat dari bagian sungutnya.

Ikan lele atau yang sering disebut ikan keli ini tidak memiliki sirip, meskipun begitu ikan ini memiliki patil yang dapat menyengat. Ikan yang dikenal juga dengan mana Catfish dalam bahasa Inggris ini memiliki kemampuannya untuk tetap bertahan hidup dan bergerak di darat dalam waktu yang cukup panjang.

Di Indonesia ikan ini memiliki banyak nama, meskipun demikian umumnya masyarakat tanah air menyebutnya dengan nama ikan lele. Ikan lele sendiri terdiri dari ratusan jenis spesies yang tersebar di berbagai wilayah yang ada di belahan dunia. Sementara ikan Lele yang menjadi penghuni perairan Indonesia sendiri bernama ilmiah Clarias Batrachus.

Ikan Lele sendiri merupakan salah satu jenis ikan yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Selain memiliki citarasa yang khas, daging yang terdapat dalam ikan jenis ini memang cukup banyak. Sehingga jangan heran bila ikan Lele sering dijadikan sebagai pilihan untuk bersantap.

Masyarakat sendiri bisa dengan mudah menemukan penjual yang menyajikan menu berbahan dasar ikan lele di jalanan pinggir kota bahkan di restoran mahal sekalipun.

Selain terkenal karena memiliki kualitas rasa yang lezat, ikan ini juga menyimpan banyak cerita menarik yang penuh akan cerita supranatural. Salah satunya adalah dengan kehadiran lele putih. Perbedaan warna ikan yang mencolok  membuat ikan ini kerap dikaitkan dengan hal-hal yang berhubungan dengan sesuatu yang gaib.

Indonesia sendiri memang terkenal karena budaya mistik yang cukup kuat. Hal itulah yang menjadi salah satu penyebab berbagai kepercayaan tentang ikan lele putih terus bermunculan. Sebenarnya kondisi yang terjadi pada lele putih memang bisa dijelaskan secara ilmiah, seperti yang kita ketahui perbedaan warna pada hewan memang bisa disebabkan oleh suatu kondisi.

Kita tentu mengenal istilah ‘Albino’, sebuah kelainan genetika yang menyebabkan absennya pigmentasi warna pada kulit, mata, dan rambut, baik itu sebagian atau keseluruhan bagian tubuh. Meskipun demikian tidak semua hewan berwarna putih diidentifikasi dengan albino. Karena pada kenyataan ada pula beberapa hewan yang memiliki kulit berwarna putih.

Menurut para ahli cara paling sederhana untuk membedakan hal tersebut adalah dengan melihat bagian mata dimana pada kasus albino akan terlihat lebih merah.

Berbicara mengenai ikan lele putih, maka Kyai Truno adalah sosok yang kerap dikaitkan oleh masyarakat dengan keberadaan ikan Lele putih raksasa yang berada di objek wisata Batu Seribu yang terletak di Desa Gentan, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo. Menurut penduduk sekitar, Kyai Truno sendiri merupakan salah satu tokoh yang ikut memperjuangkan kemerdekaan republik Indonesia melawan penjajah Belanda. Sumb: bt